Menggunakan Style di Microsoft Word 2013

Pernahkah anda menggunakan fungsi Style di Microsoft Word? Style adalah salah satu fitur di Microsoft Word yang memungkinkan anda untuk membuat sebuah format teks yang sudah ditentukan sebelumnya. Format teks ini mencakup semua aspek yang anda inginkan, bukan hanya font saja, namun ukuran font, spacing, warna teks, dan letak teks. Semua dapat anda atur menjadi satu, tanpa harus mengganti-ganti format teks tiap saat.

Hal ini sangat berguna jika anda telah mengerjakan sebuah dokumen yang panjang atau sebuah buku. Misalnya, anda ingin menulis pada bagian prologue pada tiap bab genap. Kemudian, anda juga ingin menulis prologue pada bab ganjil, namun dengan format yang berbeda. Tentu saja, mengganti-ganti font atau mengatur format lainnya akan menghabiskan waktu berharga anda. Untuk itu, Style dapat menjadi solusi atas semua itu.

Memilih Style

Ketika anda membuka Microsoft Word, pada halaman utama pada menu “Home”, sudah ada bagian style. Jadinya, anda tinggal memilih style apa yang paling cocok untuk dokumen anda. Tentu saja, bagian title dan subtitle akan berbeda. Maka, dengan menggunakan Style, anda tidak perlu repot-repot mengganti font, maupun format lainnya.

Disana, anda bisa memilih Style apa yang cocok untuk dokumen anda. Ketika anda ingin menulis sebuah tema, anda bisa mengklik Style “Title”. Ketika anda ingin mengetik sebuah kata penting dari sebuah dokumen, anda bisa memilih Style “Quote”.

Membuat Style Sendiri

Tentu saja, anda dapat membuat Style sendiri dan tidak harus bergantung dari Style yang ada di Microsoft Word. Caranya adalah klik “Create a Style” pada bagian Style. Lalu, berikan nama pada Style yang baru. Jika sudah, klik “Modify” untuk merubah pengaturannya.

Disana, anda dapat melakukan formatting terhadap Style. Silahkan anda buat sesuai dengan yang anda inginkan.

Tidak hanya itu saja, anda bisa klik “Format” pada pojok kiri bawah untuk mengatur format lebih jauh lagi. Ada banyak bagian yang dapat anda rubah sedemikian rupa.

Jika anda sudah selesai mengatur formatnya, klik saja “OK”.

Menggunakan Style

Untuk menggunakan Style, anda cukup mengklik nama Style yang baru saja anda buat. Maka, semua pengaturan font, tabulasi, atau apapun itu akan otomatis dipakai oleh Word. Jadinya, anda tidak perlu repot-repot merubah pengaturannya secara satu persatu atau manual.

Anda bisa membuat Style lagi tergantung dari dokumen anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s